MEMBANGUN BRAND WARUNK UPNORMAL SEBAGAI WARUNG INDOMIE KEKINIAN

SUSIE PERBAWASARI, SUSANNE DIDA

Abstract


Bisnis kuliner merupakan bisnis yang sedang berkembang di Indonesia saat ini.Munculnya berbagai makanan yang unik, adanya wisata kuliner, dan tren kuliner sebagai gaya hidup masyarakat, menjadi bukti bahwa bisnis ini berkembang dengan sangat pesat. Dalam menghadapi persaingan pasar, pelaku bisnis kuliner membutuhkan inovasi dan kreativitas agar bisnis restoran berjalan sukses.Bisnis mie instan merupakan konsep usaha sederhana namun bisa dilakukan berbagai inovasi dan kreativitas melalui berbagai rasa maupun topping.Warunk Upnormal adalah sebuah tempat makan di Kota Bandung yang saat ini menjadi tren anak muda Bandung untuk nongkrong menghabiskan waktu bersama teman sambil bersantap menu-menu yang spesial.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi Warunk Upnormal diantara warung indomie tradisional lain, untuk mengetahuiimageWarunk Upnormal sebagai warung indomie kekinian. dan untuk mengetahuidesain interior Warunk Upnormal sebagai warung indomie kekinian. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan data kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan.Penelitian ini menunjukan bahwa Warunk Upnormalmempunyai ciri khas tersendiri di benak masyarakat. Posisi Warunk Upnormal diantara warung indomie tradisional lain yaitusebagai pelopor warung indomie di atas rata-rata. Warunk Upnormal dalam membentuk image sebagai warung indomie kekiniansebagaitempat nongkrong anak muda. Desain interior Warunk Upnormal menunjukkan identitas sebagai warunk indomie kekinianmelalui tulisan, hiasan, dekorasi dan penamaan menu yang unik.

Kata Kunci: warung, nongkrong, kekinian, brand, image

References


Aaker, David. 1997. Manajemen Ekuitas Merek Edisi Indonesia. Jakarta : Mitra Utama

Abadi, Saka, dkk. 1994. Marketing Public Relation. Jakarta: Publikasi Lembaga Management FEUI

Bovee, Courtland L, John V, Thill. 2002. Komunikasi Bisnis.Jakarta: PT Prenhillindo

Durianto, Darmadi dkk. 2004. Brand Equity Ten, Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Purwanto, Djoko. 2003. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Metode Penelitian Komuinkasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosadi. 2006. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi (Edisi Revisi).Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Ridwan. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2005.Brand Management and Strategy, Yogyakarta: Andi


Full Text: PDF