KOMUNIKASI DAN KEARIFAN LOKAL Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Realitas Warga Penganut Aliran Islam Aboge (Alif Rebo Wage) Di Desa Sidareja Banjarnegara – Jawa Tengah

PRAMONO BENYAMIN, IWAN KOSWARA

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruksi realitas hidup warga penghayat aliran Islam Aboge, termasuk didalamnya motif sesudah menjadi penganut aliran Islam Aboge, konsep diri sebagai warga penganut Aliran Islam Aboge dan makna ajarannya. Selain itu untuk memahami Makna Simbol dalam ritual Aliran Islam Aboge yang dilakukan warga penghayat aliran Islam Aboge. Subjek penelitian adalah para penganut aliran Islam Aboge yang berjumlah 5 orang.
Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Penelitian kualitatif ini secara luas menggunakan penggunaaan interpretatif dan kritis pada masalah masalah sosial, penelitian kualitatif ini lebih memfokuskan dirinya pada makna subjektif, konsep diri, pendifinisian, metafora dan deskripsi pada kasus kasus yg spesifik.
Setelah dilakukan penelitian maka dapat disimpulkan beberapa hal seperti motif seseorang menjadi penganut aliran Islam ABOGE adalah motif mempertahankan nilai nilai budaya, motif mendalami keyakinan dengan sebenar benarnya, motif ketenangan hidup dan motif hidup rukun adil sejahtera dalam bernegara. Pada prosesnya motif motif tersebut dapat ditemukan pada seseorang semenjak kecil, pendatang atau seseorang yang masuk kemudian setelah sebelumnya memiliki kepercayaan.

References


Aminuddin, 1998. Semantik: Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung : Sinar Baru.

Ardianto, Elvinaro dan Aness, Bambang Q. 2007 Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Baut S., Paul dan Effendi, T.1984 Teori-Teori Sosial Modern Dari Parsons Sampai Habermas. Jakarta., Rajawali.

Barger, Arthur Asa. 1984. Signs in Contemprary Culture. New York; Longman

Berger Pater L dan Thomas Lockman., 1976. The Social Construction of Reality A Treatise in the Sociology of Knowledge. New York. Doubleday Books.


Full Text: PDF