DRAMATURGIS KOMUNIKASI POLITIK PERSATUAN ISLAM (PERSIS)

IWAN KOSWARA, ILHAM GEMIHARTO

Abstract


Fenomena menarik tentang situasi perpolitikan di Indonesia, berimbas terhadap lahirnya partai-partai politik. tidak terkecuali Partai-Partai Politik yang berlatar belakang keagamaan khususnya Partai Politik Islam, seperti PKB dan PKS. Salah satu organisasi keagamaan yaitu Persatuan Islam (PERSIS), yang menyalurkan aspirasi politiknya melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tentunya Sebagai ormas keagamaan, yang berdiri dalam dua sisi Agama dan Politik, kehadirannya dalam kancah politik tentu telah memunculkan bagaimana Persis memainkan kinerja komunikasi politiknya. Berdasarkan fenomena inilah penulis tertarik untuk mengkaji masalah tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui; 1). Bagaimana komunikasi politik yang dijalankan anggota jamaah persatuan islam dalam memainkan peran politiknya. 2) Bagaimana strategi komunikasi politik yang dijalankan oleh anggota (jamaah) persatuan islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, analisis kajian didasarkan pada reduksi data, menyajikan data serta menyimpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa melalui manuper komunikasi politik yang dilakukannya jamaah persatuan islam telah menunjukkan eksistensinya sebagai politisi yang handal dalam kancah politik.

References


Asmara Dani. AlGhifari. Abu. (2002). Seajarah Perjuangan Pemuda Persis. Bandung. Mujahid

Badri. (2008). Gerakan Modern Dalam Islam. Bandung. Alsina

Creswell, JW. (2002). Research Design Qualitative & Quantitative Approaches, California, Sage Publication

Kantaprawira. Rusadi. 2004. Sistem Politik Indonesia. Suatu Model Pengantar. Bandung. Sinar Baru Algensindo

Kamiluddin. Uyun. (2006). Menyorot Ijtihad Persis. Bandung. Humaniora.

Mufti. (1999). Arah Perjuangan Menuju Pencerahan Persatuan Islam. Bandung. Bulan Bintang

Mulyana. Deddy. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung Remaja Rosdakarya

--------------------. (2013). Komunikasi Politik. Politik Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Nasution. Zulkarimen. (1990). Komunikasi Politik. Suatu Pengantar. Jakarta. Rajawali Pers.

Nugraha, dan Romli. (2012). Strategi Komunikasi Pembanguan Pada Program Desa Peradaban Sebagai Bentuk Peningkatan Citra Pemerintah Daerah. Kajian Komunikasi 1 Desember. Hal (9-19)

Sumarno.AP. (2002). Komunikasi Politik. Jakarta. Pusat Penerbitan UT.

Supardan. Dadang. (2009). Pengantar Ilmu Sosiologi; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta. Bumi Aksara

Sutrisno. (2011). “Komunikasi Politik Aktivis Partai Politik Islam Indonesia. (Studi Fenomenologi aktivis PKS, PBB,dan PPP dalam Memaknai Teroris dan Jihad dalam Islam”. Disertasi. Unpad.

Turmudi. Hamzah. (2014). “Komunikasi Politik Persatuan Islam (Studi Fenomenologi Tentang Ijtihad Siyasi Jamaah Persatuan Islam)”. Disertasi. Unpad


Full Text: PDF