KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP SELEKSI CALON PEMIMPIN PADA PARTAI POLITIK (Survei Penelitian pada PDIP Kab. Pandeglang – Lebak Provinsi Banten)

Ikhsan Ahmad, Rangga Galura Gumelar, Iman Mukhroman

Abstract


Komunikasi dalam pemasaran politik dalam negara demokrasi akan selalu tumbuh dan berkembang yang menampilkan profil calon pemimpin, pada tekanan citra dan karakteristik pribadi pemimpin yang digambarkan dapat mewakili struktur sosial, ekonomi, budaya, politik suatu masyarakat. Pendekatan seleksi kepemimpinan yang berlaku di Indonesia, khususnya di Banten dalam prakteknya menerapakan pendekatan pemasaran politik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi Hal itu dikarenakan banyak politisi maupun partai politik yang mulai menyadari manfaat survei dan konsultasi politik. Pada analisis regresi tidak cukup untuk merubah pardigma partai yang terasumsikan sebagai bagian transaksional. Struktur masyarakat Kabupaten Pandeglang yang lekat pada nilai keagamaan, budaya serta kedaerahan menjadi subtansi menarik terhadap calon yang kemudian di usung untuk maju sebagai Gubernur Banten selanjutnya. Variabel komunikasi pemasaran politik yang kemudian di sandingkan pada variabel seleksi calon pemimpin k memberikan dampak ataupun pengaruh yang signifikan terhadap penentuan sosok calon yang akan diusung oleh partai PDI-P Provinsi Banten. Keseluruhan data menunjukan bahwa hipotesis menyiratkan pada bagaimana hipotesis alternatif diterima, artinya semua memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Koefisien determinasi dari data diatas adalah ketika Gagasan berdiri sendiri maka memiliki pengaruh sebesar 36,9%, sedangka jika Imej berdiri sendiri maka memiliki pengaruh sebesar 21,4%. Sedangkan jika keduanya disatukan makan aka terjadi 37,2%. Variabel Gagasan memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan pada variabel imej pada peneguhan keyakinan akan calon yang akan diusung pada pemilihan Gubernur Banten periode 2017-2022.

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Balnaves, Donald, Shoesmith. 2009. Media Theories & Approaches A Global

Perspective. UK : Palgrave Macmillan.

Butler P. and Collins N. (1994) Political marketing: structure and process. European Journal of Marketing, vol. 28, no.1, pp. 19-34

--------------------------------. (1996) Strategic analysis in political markets. European Journal of Marketing, vol. 30, no.10-11, pp. 32-44

-------------------------------- (1999) A conceptual framework for political marketing. In Bruce I. Newman (ed.) Handbook of political marketing. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, pp. 55-72

Grunig, James E. 1984. Excellent in Public Relation and Communication Management. Hillsdale. NJ: Lawrence Earlbaum, USA

Kotler P. and Kotler N. (1999). Political marketing: generating effective candidates, campaigns, and causes. In Bruce I. Newman (ed.) Handbook of political marketing. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, pp. 3-18

Lilleker, D. and J. Lees-Marshement (2005) (Eds.) Political Marketing: A Comparative Perspective, Manchester: Manchester University Press.

Littlejohn, Stephen W. and Foss, Karen. 2008, Theories of Human Communication, Ninth edition, Thomson Learning Inc., Wadsworth, Belmont, USA.

McQuail, Dennis, 2002. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar, Jakarta : PT. Erlangga.

Miller, Katherine. 2005. Communication Theories: Perspective, Process, and Context. Boston: McGraw Hill

Moloney, K. (2001) The Rise and Fall of Spin: Changes of Fashion in the Presentation of UK Parties, Journal of Public Affairs, Vol. 1, No, 2, pp. 124-135.

Moores, Shaun (1993), Interpreting Audiences : The Etnography of Media Consumption. Thousand Oaks, CA: Sage Publications

Newman, B. and J. Sheth (1985) A Model of Primary Voter Behaviour, Journal of Consumer Research, Vol.12, No. 2, pp. 178-187.

Pattersn, P.G. (1993), Expectations and Product Performance as Determinants of Satisfaction for a High-Involvment Purchase, Psychology and Marketing, Vol. 10, No. 5, pp. 449-463

O‟Shaughnessy, N. (1990) The Phenomenon of Political Marketing, London: MacMillan.

Rakhmat, Jalaluddin. 2003. Psikologi Komunikasi. Edisi Revisi. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Scammell M. (1995) Designer politics: how elections are won. Basingstoke: Macmillan Press


Full Text: PDF