PEMUDA DAN JAWARA DALAM POLITIK BANTEN

ARI PANDU WITANTRA, ANDIN NESIA

Abstract


Kesuksesan salah satu Dinasti politik yang berkembang di Banten tidak lepas dari peran pemuda dan jawara. Dinasti yang terbentuk di Provinsi ke 33 Republik Indonesia ini diantaranya diprakarsai oleh Alm. H. Tb. Chasan Sochieb, sang Gubernur Jenderal Provinsi Banten. Dalam membentuk dan melanggengkan keberadaan dinasti ini mereka berusaha memastikan anggota keluarganya menjadi bagian dari kepala daerah dari pemerintahan yang ada di Provinsi Banten. Andika Hazrumy yang merupakan cucu dari H. Tb. Chasan Sochieb mengambil bagian penting dalam pemerintahan Provinsi Banten. setelah menjadi anggota DPD-RI, Andika sukses masuk dalam jajaran anggota DPR RI 2014-2019. Saat ini Andika juga sudah terdaftar menjadi calon Wakil Gubernur Banten bersanding dengan Wahidin Halim pada pilkada serentak 2017 mendatang. Alm. H. Tb. Chasan Sochieb membentuk dinastinya di Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang Selatan dan pusat pemerintahan Provinsi Banten. Kesuksesan Chasan Sochieb Dalam melanggengkan dinastinya diraih dengan upaya menghimpun Pendekar dan Jawara dalam proses perpolitikan di Banten. Dalam proses pemenangan Pilkada 2017 mendatang, jaringan ini masih akan digunakan oleh Dinasti ini, ditambah Jaringan Pemuda yang telah dihimpun oleh Andika sejak 2007.
Paper ini akan membahas bagaimana keterlibatan Pemuda dan Jawara dalam memenangkan praktik politik di Banten. Sejauh mana Pemuda dan Jawara mengambil peran politik dalam memenangkan satu dan beberapa calon kepala daerah sekaligus untuk terpilih menjadi kepala daerah dan Anggota Legislatif di Banten, serta bagaimana mereka mengkoordiir suara pemilih hingga mengalahkan citra Dinasti yang sudah dianggap kurang baik oleh kebanyakan masyarakat.

References


Rogers, Everet M, Store, J. Douglas, 1987 Communication Champaigns – Handbook Of Communication Science. United States of America, SAGE Publications, Inc.

Venus, Antar, 2009, Manajemen Kampanye. Bandung, Simbiosa Rekatama Media.

Facal, Gabriel. 2014, Hyper-centralization of political power and fragmentation of local authority networks in Banten (Indonesia), Working Paper no.10. Intitute of Asian Studies, Universiti Brunei Darussalam.

Hamid, Abdul. 2014. A Family Matter: Political Corruption in Banten, Indonesia. Asian Politics and Policy. Volume 6 Issue 4, pp.577-593.

Okamoto Masaaki and Abdul Hamid. Jawara in Power, 1999-2007. Indonesia, Volume 86 (October 2008), pp. 109–138.

Witantra, Ari, 2016. Strategi Kampanye Dinasti Banten, Tesis, Universitas Sebelas Maret.


Full Text: PDF