IMPLEMENTASI KEARIFAN LOKAL DALAM PERILAKU KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA - Studi Kasus Perilaku Komunikasi Etnik Pendatang dan Penduduk Lokal di Kecamatan Way Panji Penduduk Lokal Selatan

Ibrahim Besar

Abstract


Budaya masyarakat dapat membentuk karakter perilaku komunikasi antar manusia maupun kelompok dalam suatu lingkugan sosial, dapat menimbulkan berbagai permasalahan sosial. Pemahaman budaya didalamnya menyangkut bahasa, maka dalam berinteraksi antarbudaya sangat diperlukan pemahaman simbol-simbol komunikasi, bahasa dan karekter dari suatu masyarakat tertentu.
Dalam penelitian ini bertujuan 1). Menganalisis bagaimana perilaku komunikasi antara penduduk lokal dan etnik pendatang, yang memiliki adat-istiadat dan budaya yang berbeda. dan 2). Bagaimana strategi pengelolaan komunikasi sosial yang memiliki perbedaan adat-istiadat dan budaya
Penelitian ini bersifat studi kasus dan deskriptif analitik kualitatif dengan mengunakan studi mendalam serta pendekatan obyektif-subyektif. Selain itu untuk mengungkap proses secara akumulatif terjadinya perbedaan kesepahaman dalam pemberian makna simbol-simbol komunikasi. Adakalanya kesalahan dalam pemberian makna dari simbol-simbol komunikasi berakibat fatal, yang berujung pada kekerasan antar kelompok sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis. Subyek penelitian ini dibagi menjadi dua, masyarakat Desa Pendatangnuraga dan Desa Agom, yang berada di Kecamatan Way Panji Kabupaten Penduduk lokal Selatan.
Hasil penelitian. 1) Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan, perbedaan kepentingan individu maupun kelompok dapat menciptakan pribadi-pribadi yang berbeda. Adanya pengaruh kelompok terhadap lingkungan sosial akan dapat mempengaruhi pendirian, cara pandang, pemikiran, dan perilaku komunikasi seseorang. Adanya perbedaan-perbedan tersebut pada akhirnya akan menyebakan terjadinya ketidak sepahaman komunikasi yang berujung kekerasan. 2). Penyelesaian permasalahan yang terjadi disuatu daerah yang perpenduduk heterogen yang memiliki perbedaan adat istiadat dan budaya yang berbeda diperlukan campurtangan pihak pemangku adat dan agama serta pemerintah.
Kesimpulan dalam penelitian ini menyatakan bahwa 1). Kesenjangan berkomunikasi dan berinteraksi sosial dalam suatu masyarakat sangat dipengaruhi oleh perbedaan perilaku dengan latar belakang budaya, adat-istiadat, keyakinan yang dibawa, kepandaian, dan pengetahuan, serta di dalamnya terkait dengan pendirian dan perasaan akan sesuatu permasalahan sosial serta kurangnya nilai-nilai kearifan lokal yang diadopsi untuk kepentingan musyawarah. 2). Peranan pemuka agama, adat, dan pemerintah dalam proses rekonsiliasi sangat diperlukan, dengan mengedepankan kearifan lokal yang mengedepankan pada rasa saling menghormati dan menghargai (empati dan simpati).

References


Besar, Ibrahim. 2015. Communication Between Migrants And Local EthnicCase Study On Pendatang And Penduduk lokal Ethnic Conflict In Pendatangnuraga Village Of South Penduduk lokal Program Pasca sarjana Universitas Padjadjaran, Disertasi.

Hartoyo. 1995 Keserasian Hubungan Antar Etnik, faktor Pendorang dan Pengelolaannya; Studi di Kampung Sawah Brebes, Tanjang Karang Timur, Kota Bandar Penduduk lokal, Jakarta : Program Pascasarjana Universitas Indonesia, Tesis.

................ 1998 Keserasian Sosial dan Pembagunan Masyarakat Penduduk lokal (Studi Tentang Keserasian Hubunganantara Etnik Penduduk lokal dengan Etnik Pendatang dan Pengaruhnya Terhadap Pembagunan di Pedesaan. Lembaga Penelitian Universitas Penduduk lokal Bekerjasama dengan DKTI dalam Proyek DP3M.

...............1999 Strategi dan Mekanisme Pengelolaan Keserasian Hubungan antar etnik Penduduk lokal Pepadun dan Saibatin dengan Etnik Pendatang di Pedesaan Penduduk lokal: Bandar Penduduk lokal; Lembaga Penelitian Universitas Penduduk lokal Bekerjasama dengan DKTI dalam Proyek DP3M.

Koentjaraningrat.1986. Lima Masalah Intrgarasi Nasional, Dalam Masalah-Masalah Pembagunan; “Bunga Rampai Antropologi Terapan”. Jakarta;LP3ES

Liliwery, Alosius. 1994. Prasangka Sosialdan Efektivitas Komunikasi Antaretnik;Studi Tentang Pengaruh Prasangka Sosial Terhadap Efektifitas Komunikasi Antaretnik Para Warga Kota Kupang Provinsi Nusa Tengara Timur. Bandung Program Pascasarjana Iniv. Padjadjaran. Disertasi

Moleong, Lexy 1993. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosda Karya.


Full Text: PDF