PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MEMPUBLIKASIKAN DESTINASI WISATA OLEH TRAVELER INDEPENDEN

Azka Putri Levana, Hanny Hafiar, Centurion C Priyatna

Abstract


Traveler independen amatir merupakan wisatawan yang melakukan perjalanannya tanpa ikut
serta dalam rombongan turis, merencanakan perjalanan mereka sendiri, suka berinteraksi
dengan penduduk lokal, dan mempelajari kebudayaan daerah setempat.Pandangan mereka
mengenai destinasi wisata alam di Indonesia dibentuk oleh pengalaman mereka selama
melakukan traveling. Hal ini menuntun pada makna mengenai destinasi wisata alam
Indonesia bagi traveler independen amatir.Penelitian dengan pendekatan fenomenologis ini
berupaya untuk mencari tahu bagaimana makna destinasi wisata alam Indonesia yang belum
populer dan dipublikasikan melalui Instagram oleh traveler independen amatir di Jakarta.
Sepuluh orang traveler independen dilibatkan melalui wawancara mendalam dan terungkap
bahwa pengalaman mereka sejak sebelum menjadi traveler independen hingga
mempublikasikan foto destinasi wisata Indonesia dalam Instagram mereka membentuk
makna mengenai destinasi wisata alam Indonesia.
Kata Kunci : Traveler Independen Amatir, Destinasi Wisata Alam Indonesia, Instagram,
Publikasi, Makna

References


Ardianto, Elvinaro. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations: Kuantitaif dan

Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

_______________. (2011). Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif.

Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Basuki, Agung. (2005). Independent Traveling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kuswarno, Engkus. (2009). Metode Penelitian Komunikasi Fenomenologi: Konsepsi,

Pedoman dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjadajaran.

Moleong, Lexy J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

http://jejakwisata.com/tourism-studies/tourism-in-general/213-4a-yang-wajib-dimilki-oleh-sebuah-destinasiwisata.html diakses pada 17 Desember 2015 pukul 19:27

Wawancara #1, Diah Paham, Wakil Direktur International Marketing Communications Kementrian Pariwisata

Republik Indonesia, via e-mail, 7 Desember 2015

Ruslan, Rosady. (2008). Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada

Sumber Lain

Herman, Jenn. (2014). The Ultimate Beginners Guide to Instagram. (e-book)

Roat, Olivia. (2014). The Complete Guide to Instagram. (e-book)

https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram diakses pada 07 Juli 2015 pukul 10:27

https://en.wikipedia.org/wiki/Travel diakses pada 09 juli 2015 pukul 10:02

http://bps.go.id/brs/view/1178 diakses pada 5 Januari 2015 pukul 15:33 WIB

http://www.wisegeek.com/what-is-a-tourist-destination.htm diakses pada 24 Januari 2015

pukul 17:42 WIB


Full Text: PDF