FENOMENA MENGUNGGAH FOTO MAKANAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Fenomenologi mengenai Fenomena Mengunggah Foto Makanan pada Akun Instagram @sigerfoodies Lampung)

Yoka Pramadi, Retasari Dewi

Abstract


Jika orang-orang dulu berpesan, “berdoa dulu sebelum makan”, sekarang kita
mengenal ungkapan “foto makanannya dulu sebelum makan”. Perkembangan
teknologi komunikasi dan informasi saat ini telah membawa manusia ke level yang
lebih luas dalam berinteraksi. Kehadiran fitur kamera pada smartphone cukup
berpengaruh pada perkembangan aplikasi media sosial. Dari waktu ke waktu angka
pengguna media sosial semakin bertambah. Salah satu media sosial berbasis grafis
dan foto yang banyak diminati adalah Instagram.Hal ini menyebabkan terjadinya
fenomena baru yakni tren mengunggah foto makanan di media sosial.Foto makanan
yang diunggah ke media sosial seperti Instagram merupakan salah satu bentuk pesan
nonverbal.Makanan saat ini tidak hanya dipandang sebagai kebutuhan utama
manusia tapi juga sebagai lifestyle. Fokus penelitian ini adalah untuk melihat motif
followers akun Instagram @sigerfoodies dalam kegiatan mengunggah foto makanan
di Instragram.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
fenomenologi. Adapun data diperoleh dari studi literatur sejumlah jurnal dan buku
mengenai fenomena mengunggah foto makanan di media sosial serta wawancara
mendalam dengan followers aktif dari akun @sigerfoodies. Penelitian ini
menemukan bahwa motif followers akun Instagram @sigerfoodies yang
mengunggah foto di media sosial yaitu sebagai food diary, mendokumentasikan self
creations, special occasions, food art, momen makan bersama, dan resensi menu
makanan atau restoran.
Keyword: Fotografi, Instagram, Lampung, Makanan, Media Sosial.

References


Ambarsari, Riana. (2011). Food Photography For Everyone. Jakarta: Elex Media

Komputindo

B. Uno, Hamzah. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta : BumiAksara.

Coary, S. and Poor, M. (2016) „How consumer-generated images shape important

consumption outcomes in the food domain‟, Journal of Consumer Marketing,

(1), pp. 1–8.doi: 10.1108/jcm-02-2015-1337.

Cambie, Cambie dan Ooi, Yang-May. 2009. International Communication Strategy

Developments in cross-cultural communications : Developments in cross-cultural

communication, PR and social media. London: Kogan Page.

Hardjana, Agus M. (2003). Komunikasi Intrapersonal & komunikasi Interpersonal.

Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Kuswarno, Engkus. (2009). Fenomenologi: Fenomena pengemis di kota Bandung. Bandung:

Widya Padjadjaran,

McLuhan, Marshall (2001). Understanding Media : The extensions of Man. London:

Routledge.

Purwanto, Ngalim. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: CV. Remaja Karya.

Shutz, Alfred. (1967). The Phenomenology of the Social World. Terj. Goerge Walsh. Northen

University Press.


Full Text: PDF