STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF AGEN ASURANSI DALAM UPAYA REKRUTMEN AGEN BARU (Studi pada agen asuransi PT Prudential Life Assurance Bandar Lampung)

Zulfa Fadhilla, Sarwoko Sarwoko

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif yang
dilakukan oleh Agen Asuransi PT. Prudential Life Assurance Bandar Lampung dalam
melakukan perekrutan agen baru.Penelitian ini merupakan tipe penelitian deskriptif
kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan
dokumentasi.Hasil dari penelitian menunjukan dalam upaya rekrutmen agen asuransi
baru dibutuhkan beberapa tahapan. Tahapan-tahapan tersebut dapat dilakukan dengan
beberapa teknik yang ada di dalam komunikasi persuasif seperti mengemas pesan
dengan sebaik mungkin, mengiming-imingi komunikan dengan reward dan melakukan
komunikasi dengan membangun derajat homofili. Sesuai dengan teori yang di gunakan
aspek yang harus di perhatikan yaitu bagaimana menumbukan perhatian,
menumbuhkan daya tarik, menimbulkan hasrat, memunculkan keputusan hingga
tercapainya tujuan yaitu terekrutnya agen baru.
Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Strategi komunikasi, Agen Asuransi

References


Effendi, Onong Uchjana .2015. Dinamika Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

________. 2006. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Jeffkins, Frank.1997. Periklanan. Jakarta : Erlangga

Krisyanto, Rakhmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana PrenadaMedia

Group.

Moleong, Lexy J., 2005, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Edisi Revisi. PT Remaja

Rosdakarya

Windarto. 2015. “ PT. Prudential Life Assurance Perusahaan asuransi jiwa terbaik kategori

aset > Rp 15 Triliun”. INVESTOR XVII/265


Full Text: PDF