ANALISIS BINTANG IKLAN VASELINE MEN FACE WASH VERSI NAZRIEL ILHAM (ARIEL) DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Fedrik Anderson, Faila Shofa

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah realisasi penjualan produk Vaseline Men Face
Wash di Bandar Lampung yang tidak pernah mencapai target yang ditetapkan oleh
perusahaan.Tujuan penelitian ini adalahingin mengetahui apakah bintang
iklanberpengaruh terhadap keputusan pembelian Vaseline Men Face Wash pada
konsumen di Bandar Lampung.Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier
berganda, dengan sumber data yang diperoleh dari kuesioner. Teknik sampling
menggunakan purposive sampling dengan kriteria masyarakat yang berdomisili di
kota Bandar Lampung, berjenis kelamin laki-laki, sudah pernah melihat iklan
Vaseline Men Face Wash yang di bintangi oleh Nazriel Irham (Ariel) setidaknya dua
kali, sedang menggunakan dan atau pernah membeli Vaseline Men Face Wash. Uji
validitas menggunakan faktor analisis dengan nilai faktor loading > 0,5 sementara uji
reliabilitas menggunakan cronbach alpha dengan nilai skornya > 0,6 .Hasil analisis
didapat nilai F hitung lebih besar dibandingkan nilai F tabel, dengan nilai signifikansi
di bawah 5%. Pengujian parsial nilai T hitung keseluruhan variabel bebas lebih
besar daripada nilai T table dengan signifikansi dibawah 5%. Nilai R Squaresebesar
0.843, hal ini berarti sebanyak 84,3% keputusan pembelian Vaseline Men Face
Wash di BandarLampungdibentuk oleh variabel Bintang Iklan( Daya tarik,
Kepercayaan, Keahlian) sisanya 15,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Bintang Iklan, Daya Tarik, Kepercayaan, Keahlian, Keputusan Pembelian

References


A, Shimp,Terence (2003).Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran.

Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga.

Belch, George &Belch, Michael. 2004. Advertising and Promotion : AnIntegrated Marketing

Communications Perspective. 6

th

ed. Newyork : McGraw-Hill.

Bergstrom, Christian danSkarfstad, Rikard. 2004. Celebrity Endorsement: Case Study of

J.CV.Sinar baroe. Distributor Unilever Bandar Lampung.

Ferdinand, Augusty . 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk

Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: .Badan Penerbit

Universitas Diponegoro. Semarang.

Friedman, Marilyn M. 2003. KeperawatanKeluargaTeoridanPraktik.Edisi 3.Jakarta : EGC.

Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data PenelitiandenganStatistik.Jakarta:BumiAksara.

Herdiani, Rian. 2010.Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen (Study Kasus Pada Rabbani Tasiokmalaya).Tasikmalaya.

J. Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategidan

Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan :Konsep dan Aplikasinya.

Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, Philip. 2007. ManajemenPemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian.

Jakarta:Erlangga.

. 2004. ManajemenPemasaran. EdisiMillenium.Jakarta : PT. Prenhallinda.

&Armstrong, Garry, 2008.Prinsip-prinsipPemasaran, Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

& Keller.2009.ManajemenPemasaran.Edisi 13 Jilid 2. Jakarta.

Maholtra, Naresh. K. 2004. RisetPemasaran :PendekatanTerapan, Jakarta : Indeks

Kelompok Gramedia.

Royan, Frans M. (2005). Marketing Selebritis.Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sapitri,Dwi. 2011.Pengaruh Celebrity Endorser Dian Satrowardoyo Terhadap Keputusan

Pembelian Shampo L’oreal (Study Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi

Universitas Riau Di Pekanbaru).Skripsi Universitas Riau.

Stephanie, Elizabeth.2012.Analisa Pengaruh Rio Dewanto Dan Donita Sebagai Celebrity

Endorser Terhadap Minat Beli Produk Axe Anarchy Dengan Daya Tarik Iklan Dan

Efek Iklan Sebagai Variabel Intervening.Universitas Kristen Petra.

Schlecht, Christina. 2003. Celebrities’ Impact on Branding .Januari .www globalbrands.org.

Sugiyono. 2010. MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdan R & D. Bandung : Alfabeta.

. 2012. MemahamiPenelitianKuantitatif.Bandung : Alfabeta.

Sukmawati,Adreastika.2010. Analisis Pengaruh Karakteristik Bintang Idola (Celebrity

Endorser) Terhadap Minat Beli Konsumen Sebuah Merek Multivitamin (Study Pada

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret).Skripsi Universitas Sebelas

Maret.

Sulistyo, Basuki. 2006. Metode Penelitian.Jakarta: Wedatamawidyasastra.Technology.

Terence, A. Shimp.2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi

Pemasaran.Terpadu, Jilid I edisi ),Erlangga.Jakrta.

www.topbrand-award.com tahun 2013. Diakses pada Februari 2014.

www.vaseline men.com. Diakses pada bulan Juni 2014.


Full Text: PDF