PERILAKU KOMUNIKASI MASYARAKAT DAN APARATUR DALAM MENDUKUNG KOTA PARIAMAN SEBAGAI KOTA WISATA

Ernita Arif, Yuliandre Darwis, Yayuk Lestari, Rinaldi Rinaldi

Abstract


Kota Pariaman merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat yang terus giat
berbenah dan membangun. Dengan keterbatasan sumber daya tambang, lahan perkebunan
ataupun pertanian yang dimiliki, sudah sangatlah tepat Kota Pariaman memiliki visi dengan
salah satu fokus pembangunan menjadikan Kota Pariaman Sebagai Kota Tujuan Wisata.
Untuk membangun suatu daerah dibutuhkan tiga pilar utama yaitu masyarakat, pemerintah,
dan swasta. Tidak terkecuali juga bagi Kota Pariaman, guna mencapai visi Pariaman sebagai
kota wisata diperlukan kerja keras dari ketiga pilar tersebut untuk membangun citra positif,
keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang berkunjung, disamping sinergi
yang kuat dan saling mengisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku
komunikasi masyarakat dan aparatur dalam mendukung Kota Pariaman sebagai kota wisata.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis analisis deksriptif.
Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat dan aparatur di kota Pariaman. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk analisis data dilakukan dengan teknik analisis milik Miles dan
Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku komunikasi komunikasi
masyarakat dan aparatur berupa perilaku komunikasi verbal dan non verbal. Masyarakat
masih belum mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi dalam mendukung kota pariaman
sebagai kota wisata.
Kata kunci : Perilaku Komunikasi verbal dan nonverbal , Kota Pariaman, Pariwisata

References


Afifuddin & Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka

Setia

Devito,Joseph A. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Profesional Books. Jakarta.

Depari, E., dan C. McAndrew. 1995. Peranan Komunikasi Massa dalam Pembangunan. Gajah

Mada University Press. Yogyakarta.

Dirgantoro, Crown. 2001. Manajemen Stratejik. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta

Effendy, Onong Uchjana. 2000. llmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Rosdakarya. Bandung

Echols, John M. dan Hassan Shadily . 1983. Kamus Inggris Indonesia. Gramedia. Cet. XII.

Jakarta

Effendy, O.U. 1992. Dinamika Komunikasi. Remaja Rosda Karya. Bandung

Hafied, Cangara. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Levis, L.R. 1996. Komunikasi Penyuluhan Pedesaan. Citra Aditya Bakti. Bandung.

Lionberger, Gwin. 1982. Communications Strategies: A guide Agriculuture Change Agents. The

Insterstate Printers and Publisher, Ich. USA.

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Mulyana, Deddy, 1999. Nuansa – Nuansa Komunikasi, Meneropong Politik dan Budaya

Komunikasi Masyarakat Kontenporer. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung,

Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Parwito. 2008. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT. LKiS Pelangi Aksara

Yogyakarta

Rita, Defi Faffua. 2015. Tinjauan Kualitas Fasilitas Wisata Di Pantai Gandoriah Kota Pariaman.

Laporan penelitian Universitas Negeri Padang.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunarwinadi, Ilya. 2000. Komunikasi Antar Budaya. Pusat Antar Universitas Ilmu Sosial

Universitas Indonesia. Yakarta.

Singarimbun M, Effendi S. 2006. Metode penelitian survei. LP3ES. Jakarta

Tubbs and Moss. 2001. Human Communications: Konteks-konteks Komunikasi. PT. Remaja

Rosdakarya. Bandung.

Kriyantono, Rahmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media

Grup.


Full Text: PDF