MEMBANGUN BUDAYA LITERASI PADA ANAK USIA DINI SERTA ANAK USIA PENDIDIKAN DASAR MELALUI AKTIVITAS KREATIF PERPUSTAKAAN ELMULOKA BANDUNG

Leili Kurnia Gustini, Slamet Mulyana

Abstract


Masa kanak-kanak adalah periode terpenting dalam perkembangan kemampuan
berbahasa baik menulis ataupun membaca. Lingkungan sekitar anak berperan
penting untuk memotivasi anak agar terbiasa membaca. Sayangnya, perpustakaan di
lingkungan anak-anak seringkali tidak memadai baik dari segi fasilitas maupun
aktivitas yang dapat menumbuhkan minat baca mereka. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi dan mendeskripsikan aktivitas yang dilakukan oleh perpustakaan
Elmuloka untuk membangun budaya literasi pada anak usia dini dan anak usia
pendidikan dasar di wilayah kota Bandung. Penelitian dilakukan di Perpustakaan
Sekolah GagasCeria, Elmuloka. Metode studi kasus dipergunakan dalam penelitian
ini sehingga subjek yang diteliti dapat dilihat gambarannya secara lengkap.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi pustaka, serta wawancara
kepada tiga elemen key informan yaitu pengelola perpustakaan Elmuloka, anak-anak
sekolah usia dini dan pendidikan dasar, serta komunitas yang menggalang kerjasama
dengan perpustakaan Elmuloka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Elmuloka
menyelenggarakan program secara kreatif dalam membangun budaya literasi pada
anak-anak. Selain mengadakan aktivitas beragam yang juga melibatkan guru serta
orang tua, Elmulokapun menggalang kerjasama dengan komunitas pencinta buku
dalam menjalankan programnya serta melibatkan storyteller volunteer yang berasal
dari dalam negeri dan dari negara asing.
Kata kunci: Budaya literasi, anak usia dini dan pendidikan dasar, aktivitas
perpustakaan

References


Alwasilah, A. Chaedar. (2001) Membangun Kota Berbudaya Literat. Media Indonesia.

Jakarta, Sabtu 6 Januari 2001.

Bafadal, Ibrahim. (2006) Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Baynham, Mike. (1995) Literacy Practices: Investigating Literacy in Social Contexts.

London: Longman.

Cope B and Kalantzis M (ed.) (2000) Multiliteracies: Literacy Learning and the Design of

Social

Futures. New York: Routledge.

Creswell, John W., Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi

Ketiga Bandung : Pustaka Pelajar.

Kuby CR and Rucker Gutshall T (forthcoming) Go Be a Writer!: Expanding the

CurricularBoundaries of Literacy Learning with Children. New York: Teachers

College Press.

Yin, Robert K. (2013) Studi Kasus: Desain dan Metode. RajaGrafindo Persada. Jakarta

http://gagasceria.com/gagas/elmuloka.htm diakses pada 2 November 2016

http://literasi.jabarprov.go.id/, diakses pada 2 November 2016


Full Text: PDF