REVITALISASI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM PEMBANGUNAN PENDIDIKAN

Iwan Koswara, Promono Benyamin

Abstract


Pembangunan berkelanjutan (SDGs) merupakan tonggak baru komitmen masyarakat
internasional pada agenda pembangunan global untuk meneruskan pencapaian tujuan
Pembangunan Milenium (MDGs), yang mana agenda ini perlu diselaraskan dan
diintegrasikan ke dalam agenda pembangunan nasional bahkan daerah. Salah satu isu
strategis dalam agenda ini ialah peningkatan mutu pendidikan. Pendidikan
merupakan salah satu penentu kemajuan bangsa dan pembentuk para National
Builders yang berkompetisi secara global, hal ini dikarenakan pendidikan
mempunyai peranan dalam meningkatkan kualitas manusia sebagai sumber daya
pembangunan dan titik sentral dalam upaya keberhasilan pembangunan tersebut.
Pembangunan pendidikan diarahkan untuk menghasilkan insan Indonesia cerdas dan
kompetitif melalui peningkatan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, relevansi,
kesetaraan, dan kepastian memperoleh layanan pendidikan secara merata. Oleh
karenanya, revitalisasi komunikasi pembangunan penting dilakukan, dalam
mengelaborasikan kegiatan pembangunan untuk mendukung dan melaksanakan
pembangunan pendidikan, selaras dengan program SDGs sebagai program
pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif kualitatif; yaitu proses penyelidikan untuk memahami masalah
sosial/manusia, berdasarkan penggambaran holistik atas permasalahan yang
dihadapi. Hasil kajian menunjukkan bahwa revitalisasi komunikasi pembangunan
penting dilakukan untuk membuat strategi maupun program-program komunikasi
pembangunan yang dapat menggerakkan partisipasi masyarakat dalam
pembangunan.
Kata Kunci : Komunikasi Pembangunan, Pembanguan Pendidikan, Revitalisasi.

References


Adimihardja, Kusanaka. Dan Hikmat Harrry. (2003). Participatory Research Appraisal

dalam Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. Bandung. Humaniora

Creswell, JW. (2002). Research Design Qualitative & Quantitative Approaches, California,

Sage Publication

Effendy, Onong Uchyana. (2004). Dinamika Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya

Marhaeni. Dwi Pangastuti. (2016). “Revitalisasi Komunikasi Tradisional Pada Era

Globalisasi”. ISKI 1 (Oktober). Hal 59-63

Mulyana. Deddy. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung Remaja Rosdakarya

Moss, Sylvia, & Stewart. L. Tubbs (2005). Human Communication (Konteks-Konteks

Komunikasi). Bandung: Rosdakarya.

Nasution. Zulkarimen. (2009). Komunikasi Pembangunan Pengenalan Teori Dan Penerapan.

Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Nugraha, dan Romli. (2012). Strategi Komunikasi Pembanguan Pada Program Desa

Peradaban Sebagai Bentuk Peningkatan Citra Pemerintah Daerah. Kajian Komunikasi

Desember. Hal (9-19)

Paramita, Sinta. (2015). “Makalah Komunikasi Pembangunan Berbasis Teknologi Di Desa

Wisata Sri Gethuk Yogyakarta.” ISKI. 1 (Oktober). Hal.235-252

Tilaar. HAR. (1990). Pendidikan Dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI,

Jakarta Balai Pustaka.


Full Text: PDF