PERBEDAAN FUNGSI TOOLS OF PROMOTION UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS SKALA KECIL MENENGAH (UKM) PADA PERKOTAAN DAN PERDESAAN

Asep Suryana, Rd. Funny Mustikasari Elita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model-model tools of promotion pada
UKM di Kota dan Kabupaten Bandung berdasarkan karakteristik perusahaan untuk
pengembangan bisnis lembaga tersebut. Target khusus penelitian ini adalah
ditemukannya model-model tools of promotion pada UKM di perkotaan dan
perdesaan dengan mengukur aspek-aspek efektivitas tools of promotion, budaya
perusahaan serta kinerja perusahaan melalui analisis Varian ( Analysis of
Varian/ANOVA). Populasi penelitian ini adalah para pengusaha Usaha Skala Kecil
dan Menengah yang berada di wilayah Kota dan Kabupaten Bandung yang dipilih
secara random. Pengambilan sampel dengan pendekatan cluster random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan:(1) Terdapat perbedaan aspek efisiensi tools of
promotion pada Usaha skala Kecil dan Menengah di perkotaan dan perdesaan
dikaitkan dengan budaya perusahaan dan implikasinya terhadap kinerja perusahaan.,
(2) Terdapat perbedaan aspek waktu eksekusi tools of promotion pada Usaha skala
Kecil dan Menengah di perkotaan dan perdesaan dikaitkan dengan budaya
perusahaan dan implikasinya terhadap kinerja perusahaan., (3)Terdapat perbedaan
aspek expense tools of promotion pada Usaha skala Kecil dan Menengah di
perkotaan dan perdesaan dikaitkan dengan budaya perusahaan dan implikasinya
terhadap kinerja perusahaan., (4) Terdapat perbedaan aspek ekuitas merek tools of
promotion pada Usaha skala Kecil dan Menengah di perkotaan dan perdesaan
dikaitkan dengan budaya perusahaan dan implikasinya terhadap kinerja perusahaan.
(5) Terdapat perbedaan aspek keberhasilan tools of promotion pada Usaha skala
Kecil dan Menengah di perkotaan dan perdesaan dikaitkan dengan budaya
perusahaan dan implikasinya terhadap kinerja perusahaan.
Kata Kunci: Pengembangan Bisnis ,Tools of Promotion, Usaha Skala Kecil Menengah

References


Fill, Chris. 1999. Marketing Communications, Frameworks, Theories and Applications.

London. Prentice Hall

Kusnendi. 2008. Model-model Persamaan Struktural, satu dan Multigroup sampel dengan

Lisrel. Bandung. Alfabeta

Marsuki. 2006. Pemikiran dan Strategi Memberdayakan Sektor Ekonomi UMKM di

Indonesia. Jakarta. Mitra Wacana Media

Pace, R. Wayne., dan Don F. Faules. 2001. Komunikasi Organisasi, Strategi Meningkatkan

Kinerja Perusahaan. Bandung. Remaja Rosdakarya

Percy, Larry. 2008. Strategic Integrated Marketing Communications. Amesterdam. Elsevier

Riduwan., dan Engkos Achmad Kuncoro. 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis

jalur (Path Analysis). Yogjakarta. Alfabeta

Sarwono, Jonathan. 2007. Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Yogjakarta.

Penerbit Andi

Tambunan, Tulus T.H. 2009. UMKM Di Indonesia. Jakarta. Ghalia Indonesia

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated

Marketing Communication. Gramedia. Jakarta

---------------------. 2009. Mengukur Efektivitas Program Promosi. Gramedia. Jakarta

Singarimbun, Masri., dan Sofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survai. LP3ES. Jakarta

Referensi Lain

A. Dedy Handrimurtjahyo, Y. Sri Susilo, Amiluhur Soeroso. 2007. Faktor-faktor Penentu

Pertumbuhan Usaha Industri Kecil. Kasus Pada Industri Gerabah dan Keramik

Kasongan, Bantul, Yogjakarta. ParallelSession IIIA, Agriculture and Rural

Economy, 13 Desember 2007

Berita Resmi Statistik, BPS, 2008

Departemen Perindustrian dan Perdagangan, 2002. Rencana Induk Pengembangan Industri

Kecil 2002–2004. Buku I: Kebijakan dan Strategi Umum Pengembangan Industri

Kecil dan Menengah. Departemen Perindustrian dan Perdagangan Republik

Indonesia, Jakarta

Kementrian Koperasi dan UKM dan BPS, 2005. Pengukuran dan Analisis Ekonomi Kinerja

Penyerapan Tenaga Kerja, Nilai Tambah UKM serta Peranannya Menurut Harga

Konstan dan Berlaku. Kementrian Koperasi dan UKM dan BPS. Jakarta

Kementrian Koperasi dan UKM dan BPS, 2005. Pengukuran dan Analisis Kinerja UKM

dalam hal Pembentukan Modal Tetap Bruto (Investasi) Nasional Tahun 2005.

Kementrian Koperasi dan UKM dan BPS. Jakarta

Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan BPS, 2004. Potensi Usaha Mikro,

Kecil dan Menengah dalam Penyerapan Tenaga Kerja. Kementrian Koordinator

Bidang Kesejahteraan Rakyat-BPS. Jakarta

Undang- Undang Republik Indonesia, No.20 Tahun 2008

Suryana, Asep. 2011. Komunikasi Pemasaran dan Komitmen Organisasional Implikasinya

terhadap Kinerja Usaha Skala kecil Menengah (Studi Eksplanatoris Pengaruh

Komunikasi Pemasaran dalam Strateginya terhadap Komitmen Organisasional dan

Implikasinya terhadap Kinerja Usaha Skala Kecil Menengah di kabupaten Bandung

Jawa Barat). Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran. Bandung.

Tambunan, M, dan Ubaidillah. 2002. Memposisikan Usaha Kecil Menengah Dalam

Persaingan Pasar Global:Membangun Kekuatan Usaha Menengah Sebagai

Work Horse. Infokop. Majalah Perkoperasian. Edisi 23. 2003.

www.smecda.com/ deputi7/menu/infokop.asp? page=1 - 88k


Full Text: PDF