REPRESENTASI DAN RUANG PUBLIK DALAM PERTARUNGAN WACANA BERITA KAMPANYE PEMILIHAN PRESIDEN 2014 (Analisa Wacana Kritis Berita Kampanye Pada Halaman Muka Surat Kabar Seputar Indonesia (SINDO) dan Media Indonesia)

Ari Sulistyanto, Juwono Tri Atmodjo

Abstract


Tulisan ini hendak mendeskripsikan pertarungan wacana kampanye pilpres 2014, dan
dampaknya terhadap media sebagai ruang publik. Untuk itu permasalahan di
fokuskan pada, Pertama, Bagaimanakah konstruksi realitas pada level teks di
konstruksi oleh media massa.? Kedua, adakah pengaruh politik ekonomi media?
Ketiga, bagaimanakah model representasi dalam pertarungan wacana yang di
lakukan media ? Media yang dijadikan unit analisis adalah headline berita kampanye
pemilihan Presiden 2014pada suratkabar Media Indonesia dan Seputar Indonesia.
Sedangkan metode pendekatan melalui analisis wacana kritis model Van Dijk. Hasil
penelitian menunjukan hasil bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam
proses konstruksi realitas, ketika berita berjalan ketingkat redaktur, apa yang telah
dibuat oleh wartawan sering kali diubah dan disesuaikan dengan karakter dan
kebijakan media, termasuk kebijakan dalam pembuatan judul berita dan penggunaan
bahasa. Koran ini harus berani tampil beda dan provokatif. Akibatnya, dalam
pertarungan wacana pada kampanye pilpres 2014, adanya representasi-representasi
pada kandidiat yang di lakukan oleh kedua media tersebut yang berujung pada
“character assassination” para aktor, dan terdistorinya media sebagai ruang publik
yang tak autentik karena media dalam pemberitaan telah melakukan pemihakan
terhadap kandidat presiden yang ditokohkan.Untuk itu, perlunya seperangkat
Undang-Undang tentang pengaturan pembatasan kepemilikan media, dan larangan
bagi pemilik media untuk terlibat aktif dalam politik.
Kata Kunci : Pertarungan wacana, representasi, ruang publik

References


Bungin, Burhan,( 2008 )Konstruksi Sosial Media Massa, Jakarta,

De Vito, Joseph,(1997) Komunik,asi Antar Manusia, Profesional Book, Jakarta,

Eriyanto, (2008), Analisis Wacana, Pengantar Analisis Wacana, LKIS, Yogyakarta

Fiske, John,(1990) Culural And Comunication, Jalasutera, Yogyakarta,

Golding, Peter dan Graham Murdock(1991). Culture, Communications and Political

Economy dalam James Curran dan Michael Gurevitch.. Mass Media and Society.

London: Edward Arnold.

Golding, Peter dan Graham Murdock, (1997), The Political Economy of the Media, Volume I,

, Edward Elgar Publishing.

Hidayat, Dedy N, (2000) Jurnalis Kepentingan Modal Dan Perubahan Sosial,et all, Revolusi

Mei, Runtuhnya Sebuah Hegemoni, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Holmes, David, (2012), Teori Komunikasi, Media, Teknologi Dan Masyarakat, Pustaka

Pelajar, Yogyakarta

Jorgensen, Marianne W dan Phllips Lousi J, (2007)Analisis Wacana, Teori dan Metode,

Pustaka, pelajar, Jakarta,

Janet, Wasko (1997)The Political Economy of Information, The University of Wisconsin,

Press, Medison.

Hall, Stuart (Ed.) 1997, Representation: Cultural Representations dan Signifying Practices,

Sage Publications, London

Hamad, Ibnu, (2004) Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa, Granit, Jakarta,

Habermas, Jurgen, (2012) Ruang Publik : Sebuah Kajian Tentang Kategori Masyarakat

Borjuis, Yogyakarta, Penerbit Kreasi Wacana

------------------------( 2006), Rasio Dan Rasionalisasi Masyarakat, Buku ke satu , Yogyakarta,

Kreasi Wacana

------------------------( 2006), Rasio Dan Rasionalisasi Masyaraka, Buku ke kedua ,

Yogyakarta, Kreasi Wacana

Mc Nair, Brian, (2004) An Inntroduction To Political al Communication, New York,

Routledge

Nimmo, Dann, (2003) Komunikasi Politik, Rodakarya, Bandung,

Mosco, Vincent 1996, The Political Economy ofCommunication: Rethinking and Renewal,

Sage, London

Ritzer, George, (2005), Teori Sosial Postmodern, Yogyakarta, Juxtapose dan Kreasi Wacana

Sudibyo, Agus,, 2001, Politik Media dan Pertarungan Wacana, LkiS, Yogyakarta,

____________, 2004, Ekonomi Politik Penyiaran, , LkiS : Yogyakarta, Januari.

Titscher, Meyer, Wodak & Vetter, (2009), Metode Analisa Teks Dan Wacana, Pustaka

Pelajar Yogyakarta

Surat Kabar

Seputar Indonesia edisi 2 Juni – 6 juli 2014

Media Indonesia edisi 2 juni – 6 Juli 2014

Media online

http/www.othes.univie.ac.at/8727/1/2010-01-07_0247479.pdf, di akses, 12 -8- 2014

http,www.immi.se/intercultural/nr21/yaghoobi.htmdiakses , 12 -8- 2014


Full Text: PDF