KARAKTERISTIK WISATAWAN KOTA WISATA TAMBANG SAWAHLUNTO;PENDEKATAN KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN IDENTITAS KOTA (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Budaya Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat)

Revi Marta

Abstract


Pariwisata merupakan sektor strategis untuk dikembangkan di setiap daerah, begitu juga
di Provinsi Sumatera Barat. Kota Sawahlunto merupakan salah satu kota di Provinsi
Sumatera Barat yang sedang bergejolak mengembangkan sektor pariwisata. Kota
Sawahlunto mampu merubah citra dan tata kelola kota dari kota bekas tambang
batubara menjadi kota wisata tambang yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan
asing. Semenjak tahun 2010 kota Sawahlunto ramai dikunjungi wisatawan karena
keunikan kota tuanya. Untuk membangun identitas kota Sawahlunto perlu dilakukan
penelitian terkait karakteristik wisatawan yang datang ke Kota Sawahlunto. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed methods). Dalam
melaksanakan penelitian ini, peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, karakteristik wisatawan
dibagi menjadi 2 yaitu karateristik demografis dan karakteristik sosial ekonomi.
Karakteristik demografis terdiri dari umur, jenis kelamin, daerah asal, tingkat
pendidikan dan pekerjaan danfaktor sosial ekonomi yaitu pendapatan. Peneliti melihat
di beberapa objek wisata kota Sawahlunto banyak dikunjungi oleh anak muda dengan
kriteria umur 20-30 tahun. Diantara objek wisata yang banyak dikunjungi diantaranya :
Danau Kandih, Puncak Polan, Kereta Api Mak Itam, Gudang Ransum, Lubang Mbah
Suro dan beberapa objek wisata lainnya. Tidak hanya objek wisata yang menjadi pilihan
anak muda untuk berkunjung ke kota Sawahlunto namun juga event bervariatif untuk
anak muda

References


Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations. Bandung : Widya Padjajaran.

Anggoro, M. Linggar. Teori&Profesi Kehumasan. Sinar Grafika Offset: Jakarta

Budyatna, Muhammad dan Leila Mona Ganum. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Kencana

Prenada Media Group :Jakarta

Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata; Tourism Communication Pemasaran dan Brand

Destinasi. Jakarta:Prenadamedia Group

Cangara, Hafied. 2015. Edisi Revisi Perencanaan & Strategi Komunikasi. PT. Rajagrafindo

Persada: Depok

Cresswell, John. W, 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Devito, Joseph A. Komunikasi Antar Manusia. Karisma Publishing Group: Tangerang Selatan

Freddy Rangkuti, 2009. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT.

Gramedia.

Goldbatt, Joe. 2002. Special Event :Twenty-First Century Global Event Management. Thrid

Edition. New York : Jhon Wiley & Sonc. Inc.

Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran.2012. Penerbit Erlangga: jakarta

Hidayat, Agus Syarip. 2015. Persiapan Sektor Pariwisata Indonesia; dalam Menghadapi

Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Jakarta : LIPI Press

Jacobsen,Bjorn P (2009), Investor Creatifity. Journal of Place Management and Development

Vol 2 No 1.

Kotler, Philip, 2001. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Prehalindo.

Kriyantono, Rakhmat, 2006. Teknik Praktis riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Kencana

Morissan, M.A. 2006. Manajemen Public relations;strategi menjadi Humas Profesional. Kencana

Premadia Group: Jakarta

Pawito. 2008. Penelitian Komunikasi Kualitatif, Yogyakarta : PT LKIS Pelangi Aksara.

Rakhmat, Jalaluddin, 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy. 2009.Strategi Promosi yang Kreatif dan Analis Kasus IMC. PT Gramedia

Pustaka Utama: Jakarta

Rusmiati, Nunung. 2014. Integrated Marketing Communications in Marketing Public Relations

Perspective (Survey on Tourism Destination Developmentin Three Colours of Lake

Kelimutu, Ende, East Nusa Tenggara Province). Jurnal Communication : Vol. 5 No. 2.

Jakarta.

Sutisna, 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Bandung: PT. Remaja

Rosadakarya.

Sutopo, H.B, 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret, University Press.

Sulaksana, 2007. Integrated Marketing Communication. Jakarta: Quantum.

Saputra, Wahidin. 2011. Public Relations Teori dan praktik public relations di Era cyber, Depok:

Gramata Publishing.

Stewart H. Rewoldt, Prof. James D. Scott & Prof. Martin R. Warshaw, 1995. Komunikasi

Pemasaran, Jakarta: Bina Aksara

Tjiptono, Fandy, 2009. Strategi Pemasaran : Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Publisher.

Wasesa, Silih Agung. 2011. Political Branding & Public Relations. Kompas Gramedia: Jakarta

Wiley, Yoeti. A. Oka, 1996. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Perca.

Yananda, M Rahmat. 2011. Branding Tempat Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi

Berbasis Identitas. Jakarta : PT Makna Informasi Indonesia.


Full Text: PDF