STRATEGI PERUBAHAN DALAM USAHA PERENCANAAN PEMBANGUNAN

M Fikri Akbar

Abstract


Perencanaan dan pemilihan strategi perubahan dalam program komunikasi sangat
diperlukan oleh para agen perubahan. Setiap agen perubahan harus mengetahui kondisikondisi awal yang penting dalam keberhasilan program, pemahaman klien-klien
perubahan dalam rangkaian lingking system, dasar filosofi strategi penyuluhan dan
bagaimana konsekuensinya serta peran dan strategi penyuluhan. Semua kata kunci
perencanaan dan pemilihan strategi perubahan mengarah pada bagaimana pelibatan
sistem pengguna secara partisipatif mulai dari identifikasi masalah hingga evaluasi
program dalam jaringan sistem sumber dengan tujuan akhir mengangkat kesejahteraan
kelompok pengguna. Kegagalan suatu program dapat terjadi ketika agen perubahan tidak
mengetahui dengan detil hal-hal pertama yang mempengaruhi perubahan. Pemahaman
dasar filosofi penyuluhan, peran dan strategi yang baik bagi agen perubahan juga dapat
membantu mempercepat diseminasi inovasi bagi sistem pengguna agar tercapai tujuan
perubahan yang dapat membangun masyarakat.
Kata Kunci: penyuluh pembangunan, strategi perubahan

References


Bungin, HM Burhan. 2009. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi

Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Gunardi. 1988. Media Tradisional dan Pembangunan dalam Komunikasi Massa dan

Pembangunan Pedesaan di Negara-Negara Dunia Ketiga. Disunting oleh Amri Jahi.

Jakarta: PT Gramedia

Havelock. 1971. Planning for Innovation. Michigan: Center for Research on Utilization of

Scientific Knowledge

Lionsberger, Herbert F. Dan Paul H. Gwin. 1982. Communication Strategies: A Guide for

Agricultural Change Agents. Danville, Illinois: The Interstate Printers & Publishers, Inc

Sasongko, Agus. 2007. Mendorong Demokratisasi Politik Desa dalam Media

Rakyat:Mengorganisir Diri melalui Informasi. Editor Akhmad Nasir dkk. Yogyakarta:

Combine Resource Institutions


Full Text: PDF