CITRA MEGAWATI DALAM SURAT KABAR INDONESIA

Agnita Singedekane

Abstract


Tujuan tulisan ini adalah untuk mengidentifikasi pembingkaian surat kabar Kompas dan Media Indonesia terhadap Megawati Soekarnoputri dalam tour ”Silaturahim Megawati Menyapa Rakyat” di Jawa dan Sumatera. Dengan menggunakan teori konstruksi sosial atas realitas dan metode analisis framing, penelitian ini menyimpulkan bahwa kedua media membingkai tour Megawati mengelilingi Jawa dan Sumatera secara berbeda. Harian Kompas cenderung melihat tour merupakan aktivitas sosial kemanusiaan, sedangkan Media Indonesia melihatnya sebagai aktivitas komunikasi politik

Kata kunci: Megawati, Framing, Harian Kompas, Harian Media Indonesia


References


Berger, Peter L & Thomas Luckmann, (1990), Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah

tentang Sosiologi Pengetahuan, Jakarta: LP3ES

Eriyanto, (2002), Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media,

Yogyakarta: LKiS

Hamad, Ibnu, (2004), Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa: Sebuah Studi

Critical Discourse Analysis terhadap Berita-berita Politik. Jakarta: Granit

Shoemaker, Pamela J & Stephen D. Reese, (1991), Mediating Message: Theories of

Influence on Mass Media Content, New York & London: Longman


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.