PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI) TERHADAP PEMAHAMAN INFORMASI SISWA PENYANDANG TUNARUNGU DI SLB-PKK PROVINSI LAMPUNG

Nurul Maulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia pada siaran berita Indonesia Malam di TVRI terhadap pemahaman informasi siswa SMPLB dan SMALB penyandang tunarungu di SLB-PKK Provinsi Lampung. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey yaitu
riset dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya.Teori efek tak terbatas dalam penelitian ini berasumsi bahwa media massa menimbulkan efek yang terarah, segera dan langsung terhadap komunikan.Sampel pada penelitian ini sebanyak 39 mahasiswa. Pengujian hipotesis menunjukan Thitung > Ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan perbandingan 3.190≥1.687 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, itu artinya Ada pengaruh antara Penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia pada Siaran Berita Indonesia Malam di TVRI terhadap Pemahaman Informasi Siswa Penyandang Tunarungu dengan tingkat korelasi kuat.

Kata kunci ; SIBI, Televisi, Disabilitas


References


Anonim. 2001. Kamus Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI). Jakarta : Depdiknas. Citra

Aditya Bakti.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan: Jakarta: Rineka Cipta

Daturissa, Mahardhini. (2012). ”Perilaku Pemanfaatan Informasi Oleh Penyandang

Tunarungu (Studi Aksi tentang Perilaku Pemanfaatan Informasi oleh Siswa SMP

dan SMA Penyandang Tunarungu di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo)”. Skripsi.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga.

Depdiknas . 2005. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Terpadu/Inklusif, Kegiatan

Belajar Mengajar Di Sekolah Inklusif. Jakarta : Direktorat PSLB.

Depdiknas. 2002. Kamus Sistem Isyarat Bahasa Indonesia. Jakarta : Direktorat PLB.

Effendy, Onong Uchjana. (2000). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT.

___________________________. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT.Citra

Aditya Bakti.

Isa, Adrian. (2015). “Bentuk Komunikasi Guru Terhadap Siswa Tunarungu di Sekolah.

(Studi pada Guru dan Siswa Setara SMALB PKK Provinsi Lampung)”. Skripsi.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group. Lainnya. Semarang:IKIP Press.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika.

Muktiasih, Retno. (2009). “Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Pada

Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Media Sistem Isyarat Bahasa Indonesia

(SIBI) Siswa Kelas Dasar 2 SLB-B YakutPurwokerto Tahun Pelajaran

/2009”. Skripsi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas

Maret.

Poesprodjo, 1987. Pemahaman Belajar.Jakarta: Rieneka Cipta.

Ruseffendi, 1994. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta

Slamet, Y. 1993. Analisis Kuantitatif Untuk Data Sosial. Solo : Dabara Publisher

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kuanlitatif dan R&D. Bandung:

ALFABETA.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.