PENGARUH PESAN IKLAN LINE VERSI FILM “ADA APA DENGAN CINTA” MINI DRAMA TERHADAP PENGGUNAAN FITUR FIND ALUMNI DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Widya Atidhira, Toni Wijaya

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh iklan LINE versi film “Ada Apa Dengan Cinta” mini drama terhadap penggunaan fitur Find Alumni pada aplikasi LINE. Tipe penelitian kuantitatif dengan metode survey, menggunakan teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action). Populasinya adalah pengguna LINE di kota Bandar Lampung dengan sampel 100 responden. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan iklan LINE versi film mini drama “Ada Apa Dengan Cinta” sebesar 47,74%, dimana uji hipotesa menunjukkan Fratio=89.354 > Ftable=3.09 yang berarti H0 (null hyphothesis) ditolak dan Ha (alternative hypothesis) diterima. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa pesan iklan mempengaruhi keputusan pengguna dengan korelasi yang kuat.

Kata kunci: Pesan Iklan, Fitur Find Alumni, LINE


References


Effendi, Onong Uchjana. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya

Bakti

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenandan

Media Group

Kotler, Philip & Keller Kevin Lane. (2013). Manajemen Pemasaran, edisi ke tigabelas.

Jakarta: Erlangga

Fandy, Tjiptono. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Windyastuti, Ayunda (24 Maret 2016). “Pengguna LINE Indonesia Lompat 200%”. Diakses

pada tanggal 5 April 2016 dari

http://inet.detik.com/read/2016/03/24/155855/3172590/398/pengguna-lineindonesia-

lompat-200


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.