KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ORANG TUA ANAK PENDERITA AUTIS DENGAN TERAPIS DALAM MASA TERAPI SERTA EFEKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK

Salsabila Khairani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah komunikasi antar pribadi yang dilakukan oleh orang tua anak penderita autis dengan terapis dalam masa terapi anak, serta mengetahui efek dari komunikasi tersebut terhadap perkembangan anak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Joseph de Vito, dengan pendekatan aspek humanistik yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan para informan dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antar pribadi yang diterapkan oleh orang tua dengan terapis terbukti berperan dalam perkembangan terapi anak. Dari kelima aspek tersebut, semuanya berhasil diterapkan oleh orang tua dan terapis. Namun, intensitas dilakukannya komunikasi tersebut juga dapat menjadi salah satu faktor penentu dalam perkembangan terapi anak.

Kata kunci: Komunikasi antarpribadi, pendekatan humanistik, orang tua, terapis,
autis, perkembangan terapi


References


Aw, Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Liliweri, Alo. (1991). Komunikasi Antarpribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Somantri, Sutjihati. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika

Aditama.

Santoso Dikdo, Bagus Iman. (2015). “Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Kelas

Autis Di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Samarinda”. Skripsi. Jurusan Ilmu

Komunikasi, Universitas Mulawarman.

Sausan, Fara. (2010). “Peranan Komunikasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan

Kemampuan Berkomunikasi Pada Anak Autis (Studi pada guru

pendamping dan siswa autis di kelas 2 dan 3 Sekolah Dasar Global Islamic

School Lazuardi Haura Bandar Lampung)”. Skripsi. Jurusan Ilmu Komunikasi,

Universitas Lampung.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.