PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PROGRAM ACARA WARTA LAMPUNG DI TELEVISI REPUBLIK INDONESIA LAMPUNG

Wawan Hernawan, Abdurrahman -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang Program Acara Warta Lampung yang ditayangkan di Televisi Republik Indonesia Lampung. Objek pada penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Kedaton Kota Bandar Lampung dan Televisi Republik Indonesia Lampung. Teori yang digunakan adalah teori fenomenologi persepsi, teori agenda setting, dan teori interaksi simbolik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dilaksanakan dari bulan Juli 2015 sampai bulan Januari 2016. Analisis data berlangsung selama penelitian di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Masyarakat Kelurahan Kedaton Kota Bandar Lampung tentang Program Acara Warta Lampung di Televisi Republik Indonesia Lampung sudah memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan menjadi sumber informasi masyarakat di Provinsi Lampung dengan kategori berita yang beragam, berita yang disajikan tidak kaku dan menarik, mampu mengenalkan semua potensi yang ada di Provinsi Lampung, dan mampu mewakili aspirasi masyarakat seputar permasalahan yang ada di sekitarnya.

Kata Kunci : Persepsi, Masyarakat, Warta Lampung


References


Ardianto, Elvinaro., Komala, Lukiati., dan Karlinah, Siti. (2014). Komunikasi Massa.

Bandung : Simbiosa Rekatama.

Suranto, Aw. (2010). Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Baksin, Askurifai. (2009). Jurnalistik Televisi Teori dan Praktik. Bandung : Simbiosa

Rekatama.

Littlejohn, Stephen W dan Foss, Karen A. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta : Salemba

Humanika.

Morissan., Wardani, A.C, dan Hamid, F. (2013). Teori Komunikasi Massa. Bogor : Ghalia

Indonesia.

Mulyana, Dedi dan Solatun. (2008). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Nurhadi, Zikri Fachrul. (2015). Teori-Teori Komunikasi. Bogor : Ghalia Indonesia.

Rakhmat, Jalaluddin. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung :

Alfabeta.

Soekanto, Soerjono. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Pers.

Suharsaputra, Uhar. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan.

Bandung : Refika Aditama.

Firmansyah, Yosef. (2011). Fungsi Program "Bandung Hits" Bandung Tv Dalam

Meningkatkan Pengetahuan Musik Lokal Di Purwacaraka Musik Studio Bandung

(Studi Deskriptif Analisis Mengenai Fungsi Program Bandung Hits dalam

Meningkatkan Pengetahuan Musik Lokal di Purwacaraka Musik Studio Bandung).

Bandung : Universitas Pasundan.

Nurhasanah. (2011). Analisis Produksi Siaran Berita Televisi (Proses Produksi Siaran

Program Berita Reportase Minggu Di Trans TV). Jakarta : Universitas Islam Negeri

Syarif Hidayatullah.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.